Kuliah Matematika Murni, Mau Jadi Apa?

Banyak kawan-kawan saya yang bertanya bagaimana seh prospek lulusan matematika MIPA. pertanyaan yang klasik yang kerap kita temukan selama ini. Tapi yang menjadi miris hati saya, yang bertanya itu justru dari anak-anak matematika sendiri. Bahkan ada salah satu kawan saya yang sudah kuliah 3 semester. Karena putus asa, nilai jeblok, sudah tidak ada motivasi lagi untuk kuliah, dia sampai memutuskan untuk berhenti kuliah di matematika dan pindah ke jurusan lain. Semoga saja keputusannya itu yang terbaik untuknya. Tapi yang saya sayangkan kenapa keputusannya itu diambil setelah semester tiga. Kenapa dia tidak memikirkan terlebih dahulu bagaimana prospeknya kedepan sebelum mengambil jursan ini. Tapi apa dimau. Nasi sudah jadi bubur. Untuk itulah saya ingin sedikit menjelaskan kepada kawan-kawan bagaimana seh prospek lulusan matematika murni itu kedepan.

Memang umumnya matematika seringkali dipandang lebih sulit untuk bersaing, salah satu alasan yang melatarbelakangi pandangan ini adalah matematika dianggap abstrak dan tidak terkait langsung dengan kebutuhan pasar. Implikasi dari pandangan ini adalah, mahasiswa lulusan matematika umumnya masih terperangkap pada jenis pekerjaan sejenis, seperti keuangan dan statistika.
Berikut ini dipaparkan beberapa bidang pekerjaan yang membuka diri untuk dimasuki oleh matematikawan:
1.Statistika.
Bidang ini mungkin adalah bidang yang paling umum dikaitkan dengan matematika. Hal ini disebabkan statistik mempunyai aplikasi yang luas, baik di bidang industri maupun di bidang sosial serta sudah diakui manfaatnya. Di bidang industri, statistik biasanya dipakai sebagai alat untuk membantu melakukan kontrol agar produk yang dihasilkan mempunyai / memenuhi standar kualitas yang diinginkan dengan tingkat biaya yang minimum. Aplikasi statistik di bidang sosial sudah lebih terkenal dan lebih dahulu dibandingkan aplikasi statistik di bidang industri. Aplikasi yang paling dikenal adalah aplikasi statistik untuk kegiatan survey dan quesioner. Aplikasi inilah yang paling dikenal oleh masyarakat karena banyak pihak yang memanfaatkan kegiatan survey dan quesioner untuk kepentingannya, seperti mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap suatu produk. Selain yang sudah disebutkan di atas, masih banyak aplikasi lain dari statistik, seperti process control, business control, dan lain-lain.
2. Analisis Selain statistik.
Bidang aplikasi matematik yang lain adalah analisis. Sering kali orang menyangka kalau bidang analisis ditujukan untuk menghasilkan formula matematika yang baru hasil dari formula yang sudah ada. Setidaknya, orang biasa berpikir kalau analisis hanya mengurusi masalah intern matematika. Padahal analisis pun bisa di aplikasikan ke bidang sosial. Salah satu aplikasi analisis yang sudah mulai populer adalah analisis di bidang pemasaran. Analisis ini ditujukan untuk memperoleh gambaran yang dapat diandalkan tentang bauran pemasaran dari suatu produk. Dengan mengetahui hal ini, perusahaan akan bisa memutuskan kapasitas produksi serta target penjualan yang realistis sehingga keuntungan yang diraih akan maksimal. Analisis pemasaran juga bisa dimanfaatkan untuk menentukan apakah suatu produk baru bisa diterima oleh pasar atau tidak. Selain yang sudah disebut diatas, tentu saja masih terdapat aplikasi lain dari analisis matematik seperti analisis kemampuan suatu industri / proses untuk memenuhi standar yang telah ditetapkan, dan lain-lain.
3. Mathematical Modelling Pemodelan.
Matematika mungkin merupakan bidang yang relatif baru dikenal namun sudah banyak pihak yang berminat untuk memanfaatkannya. Aplikasi dari mathematical modelling / pemodelan matematika sangat luas dan bisa merambah ke dalam berbagai jenis industri. Selama yang ingin dimodelkan terdefinisi dengan jelas, maka model matematikanya pasti akan dapat ditemukan. Industri yang sangat giat memakai pemodelan matematika adalah industri yang bergerak di bidang minyak dan gas bumi (setidaknya itulah yang diketahui oleh penulis). Lembaga-lembaga yang menyediakan jasa pemodelan matematika dimanfaatkan dengan baik oleh pelaku di bidang industri migas. Dari pengalaman selama ini, pemodelan matematika mempunyai prospek yang sangat cerah dan menjanjikan bisnis dengan keuntungan yang menggiurkan.
4. Pemrograman.
Pemrograman adalah bidang yang sudah lama berkembang seiring perkembangan di bidang elektronika, terutama komputasi. Orang sering kali berpikir kalau pemrograman tidak berhubungan dengan matematika dan hany bisa dilakukan oleh orang yang berkecimpung di bidang teknik, seperti elektronika dan komputasi. Padahal pemrograman sangat mengandalkan keteraturan berpikir yang sangat khas dengan matematika. Pemrograman pada dasarnya adalah aplikasi praktis dari salah satu bidang dasar dari matematika, yaitu aljabar. Inilah yang sering kali tidak disadari, apalagi aljabar biasanya adalah bidang yang sering kali dihindari. Aplikasi aljabar yang umum di kenal adalah dalam masalah pengkodean suatu pesan berupa huruf, angka, atau simbol kedalam bentuk bilangan biner sehingga bisa didefinisikan oleh aliran listrik.
5. Aktuaria
Aktuaria mungkin adalah bidang yang relatif masih sangat baru, namun aplikasinya dengan cepat diketahui oleh industri terkait sehingga permintaan terhadap keahlian di bidang ini makin lama semakin bertambah. Industri yang biasa memanfaatkan aktuaria antara lain adalah industri asuransi. Asuransi memanfaatkan aktuaria untuk menghitung kelayakan seorang calon nasabah untuk membuat polis asuransi. Hal in dilakukan agar pihak industri tidak menanggung resiko yang terlalu besar sehingga akan menyebabkan industri tersebut goyah dan merugi. Selain dibidang asuransi, aktuaria juga di manfaatkan di bidang perbankan dan keuangan. (dari berbagai sumber).

55 responses

  1. memang banyak yang ngmbil jurusan kgak tw mw jdi apa ntarx.. ktx seh takdir>.

  2. bagus nih blog adi, udah bisa pake more kan

  3. q anak jurusan matika murni angkatan 2007,,,,tp q pingin jadi pengusaha ko,,,,

    1. qt semua bisa menjadi apa yg qt inginkan…yG pnting gmn cara qt wujudkn semuax…
      oya sy juga anak math murni angkatan 2007 Universitas Mataram. Salam kenal ya…

      1. lalu sekarang kakak berhasil menembus bidang pekerjaan seperti apa?? mohon bantuanya kak… saya bingung di tempat yang akan saya tuju hanya ada matematika murni dan pendidikan matematika..

      2. saya anak mat murni 2011 Universitas Undana….salam kenal yaaa…

  4. tulisanmu bisa jadi pengetahuan baru tuk anak math seperti saya supaya bisa menentukan pilihan sejak dini…,, saya anak math 07 dari unversitas tadulako,,, salam kenal yyy

    1. salam kenal balik..
      saya jg anak math 07 universitas mataram, NTB.

  5. haloo,,, saya juga math murni di universitas gadjah mada 2010,,,
    buat jadi dosennya harus s2 kann,,,???

  6. imamatun nadhiyah | Balas

    bismillah,,, syukron katsir atas tulisan anda

  7. Kuliah jurusan matematika murni belajarnya pasti beda sama matematika di SMA.. Jelasin dong , cara belajar dan materi yg diajarkan di kuliah!!!
    Mohon penjelasannya. Terima kasih.

  8. wah.. saya pengen bgt msk matematika murni. tapi, kata ortu, matematika murni tu masa depannya g jelas. jadi, saya masih mikirin ntar mo ngambil jrusan apa. tapi, peluang kerjanya emang sempit,ya?

  9. Sy mat kepndidikn,memang seiring jalan keseimbngan menjga konsistensi butuh pndangan yg ekstra positif,hal in d sebabkn smkin kita brjalan smakin mengerti peluang.tks.tlisan anda menambh gb’rn pemikiran sy.

  10. matematika itu asyik… klo qt dah menikmati sesuatu, insya Alloh bs jd pekerjaan kok..

  11. Masa Depan Buat Anak2 Matematika Murni tuh Sangat Sangat Cerah….
    hehehe… Bener Qo….
    Matematika itu bisa dipakai dimana aja… asalkan kita tau dimana tempatnya… ^_^
    Matematika itu sangat lah menyenangkan…
    jadi jangan ada yang berputus asa yah…
    jalani semuanya dengan senyuman.. ^_^
    Salam Buat semua…
    Nurul angkatan 2007 Universitas Islam As-Syaf’iyah Jakarta timur…
    ^_^

  12. hy ….
    aq klz 3 SMA, aq dah dftar snmptn undangan ambil jrusan matematika murni..
    aq mw tanya ka, klo pindah jurusan bsa ga sii ??
    mhon penjelasannya..trimaksh

  13. saya baru akan mendaftar pmdk dan ada rencana masuk math murni.
    apa aja yg dipelajari? trus apa nanti saat kuliah akan dijuruskan ke sub bab tertentu yg lbh spesifik??
    makasih :)

  14. Abdul malik Fadhilah | Balas

    ma’af ka, saya ingn sedikit konsul… saya malik anak cibarusah bekasi, tahun ini saya lulus, program jrusan saya matematika murni, kemarin alhamdulillah saya lulus dalam tes PMDK/PPA UIN Bandung, saya mau tanya, bagaimana agar kita bisa menjalankan program in dengan mudah, dan tidak ada keraguan, saya juga sedikit ragu, itu kdng2 terlintas dalam fikiran saya… saya minta tips’y,,,
    tapi saya serius dengan program jurusan saya ini ka..

  15. kalo misalnya jurusan ips ngambil matematika murni bisa ga? terutama di unpad ? tolong balasannya

  16. oktia dwi irna aini | Balas

    wah bermanfaat nih infonya, makasih buat penulisnya,
    awalnya aku juga pgn ikt snmptn lg, pndh jurusan, nmun karena suati hal saya memantapkan diri di math murni, Anda termasuk yg memantapkan saya.
    salam kenal, saya irna Matematika ITS’11

  17. Apa bdax sh sm pendidikan?
    Lg bngng nh antra mtk murni n pndidkn. .

    1. kalo matematika pendidikan itu, yang di pelajari nanti Mengulas kembali apa yang sudah di pelajari di SMA dan SMP dan juga di ajari tata cara mengaja, dan lulusannya pun mungkin jadi guru..

      kalo matematika murni itu matematika dan rumus nya itu lebih di perdalam, matematika yang bisa diterapkan dalam dunia sehari-hari atau bisnis, nanti lulus nya pun bisa mengajar atau di kantor, atau di Bank.

  18. kak, pljran di matematika murni itu ssah gag?
    klo di bnding matematika sma pendidikan matematika lbih ssah mna?

    1. kalo susah nya sih lebih matematika murni…
      tapi kalo dijalanin jadi gampang qooo… ga susah.. bener dehhh….
      ^_^ aqu buktinya…. sennenggg lebih dapet banyak ilmu….

  19. menurut kakak, kakak” yang sekarang masuk math murni dulunya ngrasa bisa banget dalam mata pelajaran math ga?
    lalu, setelah masuk dan jadi anak math murni gmana rasanya?

  20. ak mo dftar d.jrusn mtmtka, tpi kta tmen” pluang krja.a ssah…
    jdi bngung…

  21. mtk murni bisa jadi guru?

    1. Bisaaaaa bangeeetttt….

      1. bukannya kalau jadi guru itu harus sekolah pendidikan lagi?

  22. selain itu ad lagi gak kk peluang kerjany ?

  23. Kalau di pedesaan peluang kerja nya kayak gimana kk ?

  24. Bedanya prodi matematika sama statistika apa sih?
    kok aku lihat mata kuliahnya hampir sama

  25. banyak kakak2 angkatanku itu pingin pindah k jurusan lain alias gak betah di matematk murni. emang susah banget ya yang d pelajarin ??? jadwal kuliahnya apa juga padet kak ??? makasih

  26. nadiyatul hasanah | Balas

    Assalamu’alaekum…
    sebelumnya syukron tas tulisannya..& sangat bermanfa’at sekali terutama kmi yg msih awam akn mengetahui prospek pd jurusan MTK murni….
    & mau mnta pendapatnya kk nie???
    mana yang lebih baik ambil jurusan MTK murni or pnddkn.MTK???
    syukron tas jawaban kk…jazakumullah.

  27. Bismillah
    Artikelx bagus
    Bisa buat support ni..
    Doain ya kak. Supaya aku cpt dapet kerja

  28. asalamialaikum…
    saya mhs mtk murni unand 09…
    pada umumnya kita pasti mendapat pertanyaan serupa hal di atas. “Mau Jadi Apa??”
    Cukup kita buktikan saja ke masyarakat kalau sarjana Sains matematika itu sangat terpakaidan dibutuhkan di dunia nyata…
    *salam pecinta matematika…:)

  29. Mhon maaf tdak bisa balas coment/pertanyaan agan2 semua..
    krna kesibukan dll jdi blm sempat posting tulisan baru juga.
    Alhamdulillah skrg sy sedang tercatat sbg mahasiswa pascasarjana juusan Statistika di ITS..
    Keep Move On bro…Dimana ada kemauan pasti ada jalan.
    Trim’s

    1. Sebelumnya ma’af ka’. .
      Bisa dijelasin gimana itu math murni??bisa jadi guru?
      Terus prospek kerjanya kedepan bisa jadi apa aja??saya masih bingung dan ragu. .
      Saya andi dari Sulteng tolong kasih saran dan kritiknya ka’. .

  30. Postingan yang sangat memotivasi…
    perkenalkan saya maba matematika murni UPI angkatan 2012

  31. aku nak mtatmatik unsoed angktan 2011, dan mulai pnjurusan,. kira2 prospek utk krja lbih baik murni, terapan, statistik atau komputasi ea??

  32. aku pengen kerja di BAnk, ambil jurusan matematika murni bisa khan :)

  33. Saya lulusan S1 matematika murni, sekarang saya ngajar di SMA RSBI. Sebenarnya dalam kuliah apa saja bidang ilmunya, yang penting kita suka, pasti nanti pekerjaan akan mengikuti.
    Matematika murni malah lebih luas lagi bidang kerjanya, bisa dimana saja, karena math adalah ilmu dasar. Itu menurut saya, melihat teman2 saya alumni math murni ITS yg porspek kerjanya sangat luas, bahkan ada yg sudah di P n G, di Jepang.
    Yang penting niat kita mencari ilmu itu bukan semata karena pekerjaan saja yah kawan :-)

    1. maaf kak, mau tanya sama kak mega, kakak kan lulusan mat murni terus skrng ngajar, la itu buat bisa ngajar perlu kuliah lagi ndak biar dapet surat izin jadi guru?terimakasih sebelumnya

  34. blog ini menginspirasikan saya untuk pandangan kedepan nya seperti apa :) terimakasih ya

  35. saya mau bertanya, bagaimana cara biar jadi guru, tapi kuliahnya mengambil matematika murni?
    tolong di jawab ya kakak”

  36. amin septianingsih | Balas

    waw bagus banget. kak bisa di ceritakan lagi gak alumni alumni kakak tingkatan anda kebanyakan mereka kerja apa??? apa benar mtk murni itu kebanyakan dosen. lalu mtkmurni bisa kerja di LIPI Bps bener gak sih??

    1. Terima kasih sbelumnya yg telah brkunjung ke blog ini, mhn maaf krna berbagai hal (kesibukan dsb.) blm smua prtanyaan sempet di bls. Ini skalian mnjawab prtanyaan dri unymadya yg telah kirim pertanyaan via email ke sy.
      1. Prospek kerja scara umum sama dgn yg sy posting diatas. Tapi sejauh ini utk lulusan tmn2 sy di math fmipa UNRAM saat ini bnyak berkarir di perbankan, di BPS jg ada, jdi PNS di perpajakan, , yg jdi guru jg ada,dll. Secara umum lulusan math murni lebih luas prospekx di banding hanya lulusan math keguruan yg outputnya utk jdi guru.
      3. Utk kerjaan,Insya Allah selama qt berusaha psti selalu ada jalannya. Sy sndiri sblum mndapatkan beasiswa BU Dikti utk melanjutkan kuliah pascasarjana statistika di ITS skrg bberapa kali bekerja (di kontrak) di program2 kementrian diantaranya : Kemenristek (Kementrian Riset dan Teknologi) dlm program SIDA, di Kementan (Kementrian Pertanian) proyek PUAP Kab.Lobar, TNP2K RI (Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan) dan beberapa proyek2 survey lainnya dari swasta.
      Demikian jwban sy, smoga bermanfaat. PAda intinya selama ada kemauan, Insya Allah pasti ada jalan. Keep spirit.

      Adi

      1. Assalamualaikum
        Terima kasih postnya sangat bermanfaat. saya ingin bertanya jika ingin mengambil jurusan matematika murni bagaimana caranya agar bisa menjadi dosen math ? apakah jenjang pendidikannya sampai s2 ?

  37. Ka saya skarang kelas 3 . .
    Saya jurusan keagamaan.
    Saya msih bngung ngambil jurusan ntar kuliah. .
    Tpi pengennya mathe , .
    tp apa bsa dari jurusan keagamaan masuk ke mathe?
    Tlng d jawab ya ka. :)
    Trimakasih

  38. keren laaah, gua juga mahasiswa matematika murni .
    setuju gua .
    ayo kita share nih blog gua alpianilham.blogspot.com

  39. qw mau tanya matematika murni itu apa sj teori pembljaranx ?banyak y

  40. Saya andi dari morowali,sekarang sudah kelas 3. .
    Bingung nih mau ambil jurusan apa??
    Kalau matematika murni prospek kedepannya apa ya ka’??tolong dibalas.

  41. saya faiq…lulusan tahun sekarang,,,
    saya lagi bingung nech mau ambil jurusan matematika murni tp gak tahu kedepannya bs jd pa ea ? yolong d balas ea

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

